Translate

Saturday, May 19, 2012

Soda Api Dapat Mengatasi WC dan Saluran Air Yang Mampet

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang mampetnya WC saya yang sudah 2 minggu yang tak kunjung berjalan lancar, habis BAB terus mau digelontor dengan air, tapi kotorannya ga masuk. Udah gitu airnya juga gak surut-surut lagi!!!

Kebayang kan, gimana rasanya bila mengalami hal seperti itu..
Terus terang saya udah sangat emosi dan ngerasa sangat jorok jika ada kotoran terbang dikamar mandi.

selang waktu  1 minggu ditambah lagi masalah saluran air di kamar mandi juga ikutan mampet, wah tambah buat pusing lagi ne. saya pun mencari solusi bagaimana cara untuk memperbaiki WC dan saluran air yang telah mampet ini.

saya pun mencoba menanyakan kepada rekan kerja saya bagaimana memperbaiki WC yang mampet, berharap ada solusi yang saya dapatkan, ada 3 saran yang saya terima dari rekan kerja saya tersebut :
1. Mereka menyarankan untuk membenarkannya dengan Sedotan WC.
2. Memanggil tukang Sedot WC yang ahli.
3. Menggunakan Soda Api atau Tawas.

untuk saran yang ke-3 saya sedikit bingung dan penasaran, rekan saya sih lebih menyarankan menggunakan soda api karena lebih cepat prosesnya beliau dulu pernah mencobanya dan dilakukan hanya cukup 2 kali saja sudah berhasil, lalu saya pun menanyakan kepada rekan saya dimana saya bisa membeli soda api tersebut?? beserta cara menggunakannya.Soda Api"dimana saya bisa membeli soda apinya pak??"
"di tukang bangunan atau bisa juga di tukang penjual bahan kimia"
"lalu gimana cara memakainya pak??"
 katanya "tuang aja soda api itu ke toilet atau saluran air yang mampet kemudian siram dengan air panas yang baru mendidih"
 
"ok, pak. Terima kasih atas sarannya"
soda api + air atau air panas = efektif membersihkan kerak kotoran yang ada di toilet

Sepulang dari tempat saya bekerja saya langsung singgah ke toko bahan kimia, sesampainya dirumah saya langsung mencobanya dengan menuang semua soda api kedalam WC kemudian saya guyur pake air panas.

Prosesnya sangat cepat dan luapan air panasnya jangan sampai kena wajah dan cairan soda apinya juga jangan sampai terkena bagian tubuh karena sangat berbahaya.

saya sangat senang disaat saluran WC yang tadinya mampet dan menyebalkan kini berhasil menjadi lancar kembali, saya juga melakukan langkah tersebut untuk saluran air di kamar mandi saya, alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dan saya pun mengulangi langkah yang sama di keesokan harinya agar salurannya membaik secara maximal.
 
Jika anda mempunyai masalah yang sama dengan WC atau Saluran air dikamar mandi anda, anda bisa melakukan seperti yang saya lakukan. berikut tata cara dalam rangkuman singkat sebagai berikut :
1. tuang soda api ke lubang WC (awas jangan sampai mengenai tangan atau anggota tubuh lainnya, untuk amannya mending memakai plastik).

2. Kemudian guyur toilet, tunggu sampai larut. Lakukanlah step/langkah ini berulang kali.

3. Bila masih tetap mampet, anda terpaksa harus menggunakan jurus terakhir, yaitu menggunakan penyedot WC, lakukanlah berulang kali. Seiring dengan soda api bereaksi, anda sobat musti memancingnya dengan penyedot WC.

4. Sabarlah, WC anda akan kembali lancar.

Oiya, apabila cara tersebut sudah anda lakukan namun tetap tidak berhasil, mungkin anda perlu check septic tanknya, siapa tahu sudah penuh.

Semoga postingan ini dapat membantu Sahabat....!!
Salam Kreatif!!

Reaksi:

38 komentar:

  1. Solusi Joss! thank you.....
    problem finished.
    padahal saya udah beli besi behel diameter 6mm 1 lente (12m/soalnya ga bs beli meteran)buat menyodok saluran air wc yg tersumbat,
    ketika sy berikan soda api dan diguyur dg air panas ada suara ledakan meletup ...!
    alhamdulillah dg soda api mampet hilang,cuma modal 15 rebu, he he.. makasih mas bero..!

    ReplyDelete
  2. oke sob :)
    sma2,
    semoga bermanfaat utk anda dan sahabat yang lainnya :)

    ReplyDelete
  3. aduuuuuhh iya nih bang, wc di rumahku juga mampet saya mau coba cara ini. mkasih info nya...

    ReplyDelete
  4. @Roby Ahyana : oke sma2 sob,
    smoga bermanfaat ya sob :)

    ReplyDelete
  5. Tapi sifat panas dari soda api juga bisa puat pipa paralon jadi meleleh. Jadi, sarannya jangan sering2 digunain.. sekali duakali masih boleh sih.. gudlak

    ReplyDelete
  6. @Fatma Sholihah : iya benar sista,
    tapi jika penyiraman dilakukan berulang2 dalam waktu yg bersamaan,
    hehehe :D

    ReplyDelete
  7. @ferdy skma ix : sma2 sob,
    senang membantu :)

    ReplyDelete
  8. Masih mampet saluran air kamar mandiku... Ternyata salah nggunain. Soda api taruh ember dituangin air panas.. Baru disiramkan. Salah ya...hehe..
    Mau aku coba nih, kebetulan beli 2 bungkus.. Soda api di tuangin ke saluran, baru dituangin air panas.. بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ..

    ReplyDelete
  9. Buat dapet soda api beli dmna yaa?

    ReplyDelete
  10. @SancoyoBRI : hehehe :D
    iya bro,
    mudah-mudahan berhasil ya sob :)

    @Desrina fauzan : belinya di toko kimia sobat :)
    terima ksih atas kunjungannya ya sob :)

    ReplyDelete
  11. Beli soda apinya di toko bangunan juga ada
    baru nyoba neh tapi belum berhasil ^_^

    ReplyDelete
  12. kira kira soda apinya berapa banyak ya
    1 kg cukup gak

    ReplyDelete
  13. menggunakannya gmn y, saluran kamar mandi aku udah banjir banget, bisa langsung dimasukin gk ke salurannya atau masukin soda apinya nunggu kering air ny? cuma klo nunggu kering, kapan kering nya saya gk tau abis udah semaleman msh banjir juga.....please info ny dong

    ReplyDelete
  14. @Muse Alaydrus : soda api untuk ukuran 1 Kg itu sangat cukup gan dan caranya bisa dituangkan ke dalam wadah terlebih dahulu dan di campur dengan air panas yang baru mendidih kemudian diaduk dengan kayu atau besi kemudian tuangkan pada lubang yang tersumbat...!!
    disarankan agar lubang yang tersumbat sudah kering terlebih dahulu,
    jika tidak soda api akan dapat membahayakan anda,
    penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan yang ceroboh,

    @Shofiana Maulia : jika msh dalam keadaan banjir disarankan utk dikuras terlebih dahulu agar kering,
    ketika sudah kering anda dapat menuangkannya seperti cara yang sudah saya terangkan kepada Muse Alaydrus,
    selamat mencoba dan semoga berhasil.

    ReplyDelete
  15. Gan, itukah pake air panas ya, setelah kita tuang air panas trus jeda sampe kita tuang air dingin nya berapa menit ya Gan? Apa lgsg di siram air dingin aja ? Pengaruh ke reaksi soda apinya gak? Trims

    ReplyDelete
  16. @Budi : cukup disiram air panas saja gan,
    dan jika sudah 30 menit disiram agan coba siram dengan air biasa,
    terima ksh atas kunjunganya sob :)

    ReplyDelete
  17. kebetulan ane juga punya masalah ama saluran mampet. kalo ujan air dalam saluran pasti meluap. makasih Gan infonya, ane akan coba pake cara Agan pake soda api

    ReplyDelete
  18. pengaruh gak sama pipa saluran pembuangannya yg terbuat dari plastik??
    beda gak reaksinya klo d campur air panas dulu atau tuangin sodanya dulu trus disiram sama air panas?
    mohon infonya.thanks

    ReplyDelete
  19. @Freddy froggy : terima kasih atas kunjungannya sob,
    semoga teratasi dengan baik ya sob.

    @tya Tyaaa : mungkin tidak berpengaruh sista,
    krn saya sudah coba dan tidak ada masalah apa2 dengan pipanya,
    silahkan dicoba,
    semoga artikelnya dapat menjadi solusi.

    ReplyDelete
  20. wah... soda api ternyata solusinya, WC lagi mampet.. semoga bisa normal lagi, trims kk informasinya :D

    ReplyDelete
  21. Makasih amat ya bopz.....sangat membantu.
    ane coba dahulu...makasih buangett

    ReplyDelete
  22. Dlu udah coba tp cm sebentar trus mampet lg.skrang lg cba lgi tpi blum brhsil

    ReplyDelete
  23. solusi mantap, tapi dampak nya septitank cepat penuh karna bakteri pengurai mati

    ReplyDelete
  24. solusi mantap, tapi dampak nya septitank cepat penuh karna bakteri pengurai mati

    ReplyDelete
  25. Info yang sangat membantu Gan.
    Salam kenal dari Pakar WC Surabaya

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. kebetulan sy jg ada masalah ni pak, bak cuci piring sy mampet, sdh pakai soda api lancar, 2 hr mampet lg, dikasih soda api lg tetap mampet ini malah banjir air gak bs mengalir, bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  31. kebetulan sy jg ada masalah ni pak, bak cuci piring sy mampet, sdh pakai soda api lancar, 2 hr mampet lg, dikasih soda api lg tetap mampet ini malah banjir air gak bs mengalir, bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  32. klo soda api sy dsklh bnyk.. kalo dilab 1 wadah botol malahan. tapi masih padatan besar. maklum sekolah analis kimia "promo" :D

    ReplyDelete

SILAHKAN KASIH KOMENTAR DI SINI
KOMENTAR SAHABAT SANGAT DIHARAPKAN UNTUK MEMBANGUN BLOG INI AGAR LEBIH BAIK LAGI

 
Ping your blog, website, or RSS feed for Free DMCA.com